Friday, May 30, 2014

Manfaat Taoge untuk Pacek

Bagi  Masalah pacekan atau pembibitan ayam aduan selain factor Genetik juga sangat di utamakan kesehatan bibitan dari gen tersebut gen tidak akan bisa tumbuh maksimal jika kesehatan indukan loyo. Anakan akan cacat atau bahkan telur tidak jadi alias gagar. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu produktifitas baik indukan yang tentu saja akan berimbas padapemasukan peternak.

Namun tahukah anda hal tersebut dapat teratasi dengan khasiat taoge. Taoge disebut kecambah, cambah, tokolan atau apapun yang mana taoge ini berasal dari bibitan kacang hijau  (Phaseolus radiatus) yang kaya akan Vitamin B, C, E dan kandungan lain. meskipun dalam volume terbatas, ada pula tauge kedelai  (Glycine soja). dan pada kesempatan kali ini, akan kita bahas mengenai jamu meningkatkan gairah kawin ayam bangkok aduan.

Di dalam penamaannya, ada dua macam tauge kacang hijau. yang pertama adalah tauge biasa, dimana batang serta akarnya sedikit sudah tumbuh, sementara keping bijinya justru sudah agak mengecil. kedua, tauge yang benar-benar masih kuncup. tauge ini hanya berupa keping biji yang sudah mengembang dengan sedikit calon batang yang mulai menyembul dari celah keping biji tersebut. jenis tauge ini nilainya lebih tinggi dibanding dengan tauge biasa.

Bagi para peternak ayam aduan, banyak juga yang memanfaatkan kulit tauge ini untuk mengganti pakan ayam peliharaan mereka. selain itu juga berkhasiat sebagai jamu meningkatkan gairah kawin ayam bangkok aduan. kandungan serat dan protein kulit kacang hijau ini masih relatif tinggi. hal inilah yang mendorong meningkatnya gairah kawin pada ayam aduan. sayuran ini memang telah diakui secara tradisi turun temurun menjadi ikon lambang kesuburan.

Kandungan vitamin selama proses berkecambah :

Vitamin B
Kadar vitamin B akan meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat, yang dapat membantu proses pencernaan glukosa ketika glukosa telah dihasilkan maka dia akan memberi masukan pada sel-sel syaraf termasuk sel syaraf pada organ-organ kesuburan ayam jantan.

Vitamin C
Mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 15mg per 100 gram setelah 48 jam.
Vitamin C ini berfungsi untuk kesuburan ayam jantan. jika kekurangan dalam mengonsumsi vitamin C ini dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket yang akan menggangu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.

Vitamin E
- Vitamin E akan mengalami peningkatan selama berkecambah dari dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah.
- Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E ini dapat melindungi sel-sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Cara pemberian jamu meningkatkan gairah kawin ayam bangkok aduan :
Cara pemberian pada ayam aduan (pemacek dan biangnya ) ini dapat dilakukan dengan cara kecambah atau tauge dicampurkan pada pakan yang akan diberikan. bisa juga diberikan secara langsung ( rutin setiap hari  atau bebas dengan minimal pemberian 2x dalam seminggu). selain itu, khusus untuk pacek 2 hari sekali diberi pakan 2-3 ekor jangkrik.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates